Friday, October 8, 2010

Mekanisme Efek positif yang ditimbulkan oleh bakteri Probiotik

ü  Efek probiotiknya: mengatasi infeksi saluran pencernaan
Contoh bakteri : Lactobacillus plantarum
Mekanismenya:
Bakteri ini memperkuat fungsi mukosa pencernaan, dan menjaga dari serangan bakteri patogan pada dinding halus. L.plantrum menghasilkan enzim-enzim yang dapat memproduksi senyawa inhibitor seperti asam-asam organik (laktat, asetat), H2O2 serta bakteriosi, kemudian senyawa-senyawa inhibitor tersebut disekresikan pada saluran pencernaan sehingga menimbulkan suasana asam dipencernaan yang akan menekan pertumbuhan bakteri patogen penyebab infeksi pada saluran pencernaan.


ü  Efek probiotiknya: mengobati penyakit diare
Contoh bakteri: Enterococcus faecium
Mekanismenya:
Enterococcus faecium dapat mengsekresikan enzim protease dengan mencerna dua protein exotoxin yaitu toxin A dan toxin B yang dapat menanggunglangi masalah diare dan radang usus besar yang disebabkan oleh bakteri patogen seperti Clostridium difficile.

ü  Efek probiotiknya: meurunkan kolesterol dalam darah
Contoh bakteri:  L. Acidophilus dan Bifidobakterium bifidum
Mekanismenya:
Kemampuan ini berasal dari zat faktor antikolesterol yang menghambat kerja enzim pembentuk kolesterol. Pengurangan kolesterol juga terjadi karena selama pertumbuhan bakteri menyerap sejumlah zat kolesterol ke dalam selnya. Penyerapan ini terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah.


ü  Efek probiotiknya: meningkatkan kekebalan tubuh
Contoh bakteri:  L. bulgaricus
Mekanismenya:
L. bulgaricus mampu menghasilkan zat antibiotika yang disebut bulgarikan, kemudian hasil antibiotika ini bekerja secara spesifik terhadap bakteri patogen seperti Staphylococcus aureus,Shigella dysentriae (penyebab disentri), Salmonella typhii (penyebab tipus), Clostridium botulinum (penyebab botulinum, yaitu keracunan makanan kaleng) yang terdapat pada saluran pencernaan. Sifat dari antibiotik bulgarikan adalah mampu mengonaktifkan sel patogen dengan cara mengganggu metabolisme sel mikroba, Menghambat sintesis dinding mikroba, Menghambat sintesis atau merusak asam nukleat sel mikroba.


ü  Efek probiotiknya: Memproduksi vitamin dan Enzim Lactase
Contoh bakteri            : golongan Lactobacillus
Mekanismenya:
Lactobacillus  mampu menghasilkan vitamin B (niasin, piridoksin, dan asam folat), kenaikan kadar vitamin-vitamin ini sebagai hasil kerja bakteri saat proses fermentasi serat yang tidak tercerna yang masuk dalam usus besar. Selain itu juga dihasilkan  enzim lactase yang berfungsi memecah laktose menjadi gula rantai pendek sehingga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh



DAFTAR PUSTAKA

Annonymousa. 2010. www.foodsci.uoguelph.ca
Dewanti, Tri. 2006. Pangan Fungsional Makanan Untuk Kesehatan. THPpress. Universitas brawijaya, malang.
R. Fuller. 1992. Probiotics : The Scientific Basis, Chapman & Hall.
Reid. G, Jass.J, Sebulsky.Tom.M, McCormick.John K, 2003.Potential Uses of Probiotics in Clinical Practice.American Society for Microbiology.16:658-672
S.Haryanto. 1998. Segarnya Yogurt, Bandung.

No comments:

Post a Comment